Senin, 21 Mei 2012

TEKWAN (Bakso Khas Palembang)



Bakso merupakan makanan yang sangat terkenal hampir di seluruh Indonesia, bahkan diluar negeri, disetiap daerah di Indonesia pasti ada yang menjual makanan yang satu ini.

 Kali ini saya ingin membahas Bakso Khas Palembang, Sumatera Selatan, yang disebut Tekwan, Tekwan ini berbeda dengan bakso-bakso pada umumnya yang terbuat dari daging sapi, sebab bakso khas Palembang ini terbuat dari ikan tenggiri yang berkuah.

Tekwan dibuat sebesar Bakso Tenis dan didalamnya ada isinya yaitu tahu. Pada penyajiannya, Tekwan sering disertakan dengan Sohun, Irisan Bengkoang, taburan Bawang Goreng, taburan Daun Seledri dan sedikit diberi cuka Makan dan Kecap Asin.

Di Palembang sendiri, Tekwan merupakan jajanan rakyat, Apabila Anda di kota Palembang, Anda tidak akan kesulitan menemukan maakanan yang satu ini , sebab di Kota Palembang ini banyak yang menjajakan makanan ini mulai dari yang dijajakan keliling hingga di rumah makan khas Palembang. Pada acara-acara lokal baik resmi maupun santai, Tekwan merupakan salah satu syarat wajib untuk menjamu para tamu.

Menikmati seporsi Tekwan, akan lebih lezat apabila Anda menikmatinya pada sore hari, dengan sedikit ditambahkan Cuko Pempek, Anda akan mendapatkan sensasi pedas khas dari seporsi Tekwan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar