Senin, 21 Mei 2012

FESTIVAL KRAKATAU



1

Indonesia memang kaya akan kebudayaan, dari sabang sampai merouke mempunyai keragaman budaya yang unik dan sampai saat ini masih di lestarikan, salah satunya adalah festival Krakatau. Festival krakatau adalah festival tahunan yang diselenggarakan di Lampung yang diadakan untuk merayakan pulau vulkanik bernama sama, yaitu Krakatau. Gunung Krakatau meletus pada 1927, letusan itu kemudian menghasilkan pulau-pulau kecil baru, yang diberi nama Anak Krakatau.

Letusan Gunung Krakatau menimbulkan awan panas setinggi 70 kilometr dan tsunami setinggi 40 meter. Letusan gunung yang terletak di Selat Sunda

Letusan Gunung Krakatau menyebabkan awan panas setinggi 70 kilometer dan tsunami setinggi 40 meter. Letusan gunung yang terletak di Selat Sunda, tetapi secara administratif masuk wilayah Lampung tersebut menewaskan sekitar 36.000 orang.

Selama festifal krakatau berlangsung pengunjung dapat menikmati berbagai macam pertunjukan seperti Karnaval Tuping (Karnaval Topeng Lampung), atraksi gajah, serta berbagai macam tarian dari Lampung dan kota sekitarnya. Akhir dari rangkaian acara ini adalah kunjungan ke pulau vulkanik, Pulau vulkanik itu masih aktif tetapi sedang tidur lelap untuk sementara.

Festival krakatau  bertujuan untuk memperingati dasyatnya gunung krakatau, selain itu untuk pengenalan tempat pariwisata di Lampung yang bertujuan untuk menarik para wisatawan. Festival ini akan sangat menyenangkan bila para wisatawan bisa ikut ke naik gunung krakatau langsung, karena pemandangannya di anak gunung krakatau ini sangat indah.

Tour Krakatau berangkat dari Pelabuhan Fery Bakauheni Lampung Selatan. Para peserta akan dibawa mengarungi Selat Sunda menuju Gugusan Kepulauan Krakatau dari arah Utara melewati Pulau Panjang dan Krakatau Tua. Pengalaman mendebarkan saat mendekati Gunung Anak Krakatau yang masih aktif.

Festival Krakatau diselenggarakan setiap tahun di Bandar Lampung (ibukota Provinsi Lampung) dan Lampung Selatan. Acara pembukaan akan ditandai dengan tarian massal, atraksi budaya dan pawai topeng dari 11 kabupaten/ kota, seremonial gajah serta atraksi paramotor.

Bagi warga Lampung, Festival Krakatau merupakan salah satu agenda yang selalu dinantikan setiap tahun. Festival yang sudah diselenggarakan selama 20 tahun itu masih memiliki daya tarik yang besar hingga saat ini.
Festival Krakatau disambut dengan sukacita oleh warga Lampung di Bandar Lampung dan di tengah lautan, seperti warga Pulau Sebesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar