Senin, 21 Mei 2012

SERABI (Jajanan Khas Solo)


1
Serabi merupakan jajanan khas Solo, Serabi adalah jajanan khas yang terbuat dari tepung beras, dicampur dengan santan kelapa, dan ramuan rahasia. Serabi Solo memang berbeda dengan serabi-serabi didaerah lainya. Selain itu serabi Solo juga memiliki bentuk yang sangat unik. Bentuknya seperti serabi Bandung namun serabi Solo ada krispinya.

Apabila Anda berkunjung ke Solo rasanya kurang lengkap apabila Anda tidak mencoba mencicipi Serabi Solo Notosuman. Serabi ini terkenal sekali dan sekarang sudah bisa dijumpai di kota-kota luar Solo.

Serabi Solo mempunyai bentuk yang melebar pada bagian pinggir, sangat enak bila di nikmati  saat masih hangat, bagian pinggirnya terasa renyah. Bagian tengah yaitu inti serabinya tersa gurih dan lembut. Rasa gurinya berasal dari guyuran santan kelapa pada waktu memasak serabi, bias juga ditambah aneka rasa dengan menambahkan coklat, aneka buah, keju, dan lain-lain.

Asal-usul Serabi Solo berasal dari resep khas keluarga, seiring dengan disukainya resep khas keluarga tersebut, usaha pembuatan serabi itupun terus dikembangkan. Secara umum, pembuatan Serabi Solo dibagi menjadi dua, yaitu dimasak menggunakan arang dan kompor gas. Soal rasa  dua-duanya mempunyai citarasa enak. Bedanya kalau menggunakan arang lebih wangi dan mempunyai tektur gosong-gosong di pinggirnya. Sedangkan yang menggunakan kompor gas serabinya putih bersih dan cenderung lebih bersih.

Serabi Solo mempunyai dua jenis rasa, yaitu polos dan berisi, untuk yang polos, serabi disajikan tanpa menggunakan tambahan apa-apa dibagian tengahnya. Sedangkan Serabi Solo memiliki isi taburan berbagai rasa dibagian tengahnya. Isinya biasanya berupa coklat, keju ataupun aneka buah.

Bagi pengemar wisata kuliner, serabi Solo ini memiliki citarasa manis yang khas. Selain itu kudapan ini juga dibuat menggunakan bahan alami tanpa bahan pengawet. Citarasa serabi tersebut juga bisa ditambahi, apabila Anda memiliki kesukaan coklat, keju maupun aneka buah yang bias Anda tambahkan di tengah-tengah serabi. Serabi juga memiliki tektur yang lembut. Serabi Solo biasanya nikmat dimakan bersama seruputan teh maupun kopi hangat. Untuk akses menuju lokasi, Anda bisa langsung menuju ke  Notosuman yang terletak di kota Solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar